Berita

Membuat Tikus Tak Takut Kucing

tikus tidak takut kucing, rekayasa genetik
Foto yang dirilis Departemen Biofisika dan Biokimia, Sekolah Tinggi Sains, Universitas Tokyo memperihatkan seekor tikus yang direkayasa secara genetika dengan berani mendekati seekor kucing.

TOKYO, JUMAT – Di mana-mana, tikus dan kucing adalah musuh bebuyutan, namun ilmuwan Jepang berhasil menghilangkan rasa takut tikus terhadap kucing melalui rekayasa genetika. Keberhasilan tersebut memberikan petunjuk untuk mempelajari lebih dalam perilaku manusia terhadap khususnya takut dan cara mengendalikannya.

Seperti dilaporkan jurnal Nature edisi November, yang juga dilaporkan Kompas.com, para ilmuwan di Universitas Tokyo sukses mematikan insting ketakutan tikus jika mencium bau atau kehadiran seekor kucing. Prestasi ini sekaligus membuktikan bahwa ketakutan tikus terhadap kucing bersifat genetis dan tidak berdasarkan pengalamannya.

“Tikus secara alami takut terhadap kucing dan biasanya panik atau langsung menghindar jika mencium baunya. Namun, tikus yang sel-sel tertentu pada indera penciumannya diambil melalui rekayasa genetika tidak memperlihatkan tanda-tanda takut sedikitpun,” ujar Ko Kobayakawa, salah satu penelitinya.

Dalam percobaan, tikus yang diubah secara genetik dengan berani mendekati tikus, bahkan mencium, dan bermain dengannya. Kobayakawa mengatakan tentu yang dipilih kucing domestik yang jinak dan kemungkinan menerkam tikus kecil.

Mengendalikan takut
Kim Dae-soo, profesor genetika otak dari Korea Advanced Institute Science and Technology, menanggapi temuan ini sebagai terobosan. Ia mengatakan hasil penelitian Kobayakawa lebih lanjut dapat menjelaskan apa pengertian takut sebenarnya dan bagaimana mengendalikannya.

“Orang selama ini berpikir bahwa tikus takut terhadap kucing karena kucing memangsanya, namun bukan itu masalahnya,” ujarnya. Jika aliran sinyal di otak diamati saat seseorang ketakutan, lanjutnya, saya kira kita dapat menemukan jaringan otak yang penting untuk mengendalikan rasa takut.

Sumber: AFP Penulis: WAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: